Analisis Faktor Penerimaan Pengguna E-Learning SMA Negeri di Kota Blitar Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Diah Destaningrum Suprapto Suprapto Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

E-Learning merupakan aplikasi internet yang dapat menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dalam sebuah ruang belajar online. E-learning kota Blitar mempermudah interaksi antara peserta didik dalam proses belajar dengan guru khususnya di Kota Blitar. Guru atau instruktur dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dari salah satu tim pengembang, sejak diterapkannya e-learning Kota Blitar para pengguna yaitu siswa dan guru belum dapat menerima adanya teknologi informasi baru tersebut. Hal ini dapat dilihat juga di SMAN 1 Blitar, SMAN 2 Blitar, SMAN 3 Blitar dan SMAN 4 Blitar yang belum semua guru dan siswa menggunakan e-learning tersebut. Belum diketahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan seorang pengguna belum menerima adanya e-learning Kota Blitar. Penelitian ini berguna untuk mengetahui fakor-faktor penerimaan pengguna e-learning khususnya SMA Negeri di Kota Blitar yang sudah menerapkan e-learning. Pada penelitian ini akan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan. Model tersebut didapatkan dari penelitian sebelumnya dan diadaptasi sesuai dengan penelitian. Hasil penelitian berdasarkan analisis dan pembahasan adalah variabel Performance Expectancy (PE), Social Influence (SI), Facilitating Condition (FC), Perceive Creadibility (PC), dan Anxiety berpengaruh signifikan terhadap Intention to Use.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Destaningrum, D., Suprapto, S., & Wardani, N. Analisis Faktor Penerimaan Pengguna E-Learning SMA Negeri di Kota Blitar Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 723-732, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/938>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel