Pengembangan Game Bergenre Tower Defense Dengan Mengimplementasikan Augmented Reality

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Galih Muhammad Wibisono Sukmo Wardhono Issa Arwani

Abstrak

Pengembangan permainan dengan mengimplementasikan Augmented Reality mempunyai efek yang sangat besar terhadap aspek user experience pada gameplay permainan itu sendiri. Paper ini mendeskripsikan pengembangan dari permainan Omega Defender dengan tujuan utama sebagai penelitian dan pengembangan game mobile yang mengimplementasikan Augmented Reality, dengan gambar sebagai penanda. Tujuan dari permainan omega Defender adalah bertahan hidup sampai akhir level permainan tanpa mati, menghancurkan semua musuh yang muncul pada layar dengan mendeteksi penanda pada awal permainan. Augmented Reality akan meningkatkan user experience dengan meningkatkan interaksi pengguna dengan dunia nyata. Perancangan dari game sendiri diawali dari pemilihan konsep kerangka kerja yang akan dipakai, dalam penelitian ini digunakan kerangka kerja  Mechanic Dynamic Aesthetic, sebagai konsep yang tepat guna mengembangkan permainan Omega Defender. Paper prototyping dikerjakan sebagai langkah awal pengembangan, dilanjutkan dengan digital prototyping dengan mengimplementasikan semua unsur yang ada dalam paper prototyping dan memodifikasinya sehingga sesuai dengan permainan digital. Omega defender telah diuji coba dengan beberapa pengguna untuk mengevaluasi hasil pengembangan dari game itu sendiri. Pada proses Play testing dihasilkan dua analisa berdasarkan feedback pengguna yaitu, 2 faktor fun dan 4 faktor not fun dari permainan Omega Defender.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Muhammad, G., Wardhono, W., & Arwani, I. Pengembangan Game Bergenre Tower Defense Dengan Mengimplementasikan Augmented Reality. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 749-758, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/950>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel