Prediksi Tingkat Keuntungan Usaha Peternakan Itik Alabio Petelur menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ihsan Diputra Candra Dewi Randy Cahya Wihandika

Abstrak

Dalam berusaha telur itik, memprediksi keuntungan merupakan hal yang sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan dalam sistem agribisnis itik alabio terdapat subsistem-subsistem yang saling mempengaruhi dimana jika nilai dari subsistem-subsistem tersebut tidak optimal dapat berpengaruh buruk pada hasil produksi. Untuk mengatasi hal tersebut pada penelitian ini digunakan jaringan syaraf tiruan backpropagation untuk melakukan prediksi tingkat keuntungan usaha telur itik alabio. Algoritma backpropagation digunakan karena algoritma ini sering diterapkan untuk melakukan proses peramalan. Subsistem-subsistem atau fitur inputan yang digunakan pada penelitian ini antara lain jumlah induk, penyusutan bibit, total harga pakan, penyusutan kandang, biaya tenaga kerja, dan biaya vaksin dan obat. Sedangkan untuk keluaran yang digunakan adalah prediksi jumlah untung bersih yang didapat dari usaha telur itik alabio. Pengujian dilakukan dalam melakukan penelitian agar didapatkan nilai parameter yang optimal. Nilai parameter tersebut yaitu learning rate sebesar 0,8, jumlah neuron pada hidden layer sebesar 17, batas MAPE latih sebesar 10%, dan jumlah data latih sebanyak 90% dari total data latih. Nilai MAPE peramalan terbaik yang didapat sebesar 25,7852%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Diputra, M., Dewi, C., & Wihandika, R. Prediksi Tingkat Keuntungan Usaha Peternakan Itik Alabio Petelur menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Kasus di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 785-792, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/959>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel