Analisis Kualitas Layanan Website id.oriflame.com Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan E-S-QUAL dan E-RecS-QUAL

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rifa Izza Nurlita Ari Kusyanti Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Website id.oriflame.com merupakan e-commerce produk kecantikan Oriflame Indonesia yang dapat memudahkan pelanggan (Konsultan Oriflame) untuk mengembangkan bisnisnya tanpa berbatas waktu dan lokasi. Dengan adanya kemudahan tersebut, namun berdasarkan hasil wawancara masih banyak keluhan yang dirasakan oleh Konsultan. Hal tersebut membuktikan bahwa kualitas layanan website id.oriflame.com belum sepenuhnya memuaskan Konsultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan website id.oriflame.com yang memengaruhi kepuasan Konsultan Oriflame menggunakan 7 variabel independen. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner online sebanyak 140 responden Konsultan Oriflame Indonesia Cabang Surabaya dengan rentang usia antara 18-44 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan model E-S-QUAL dan E-RecS-QUAL serta metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kualitas layanan yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa variabel yang memengaruhi kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction) adalah Efficiency, System Availability, Fulfillment, Privacy, Compensation dan Contact. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap Customer Satisfaction adalah Fulfillment dan Contact.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nurlita, R., Kusyanti, A., & Rokhmawati, R. Analisis Kualitas Layanan Website id.oriflame.com Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan E-S-QUAL dan E-RecS-QUAL. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 821-830, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/971>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel