Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process – Weighted Product Untuk Rekomendasi Hunian Ideal (Studi Kasus: Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rizaldy Aditya Nugraha Indriati Indriati Imam Cholissodin

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para calon pembeli rumah mendapatkan rekomendasi hunian yang paling ideal untuk dibeli. Para calon pembeli rumah yang sedang mencari rumah masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan rekomendasi rumah ideal yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan untuk rekomendasi rumah ideal sehingga mempermudah calon pembeli rumah untuk memperoleh rekomendasi rumah yang ideal. Data masukan yang digunakan pada sistem ini adalah bobot prioritas untuk setiap kriteria dan sub kriteria rumah yang ditentukan oleh calon pembeli rumah. Kemudian data masukan tersebut dihitung dengan menggunakan metode analytic hierarchy process - weighted product. Metode analytic hierarchy process digunakan untuk mendapatkan bobot kriteria dan sub kriteria yang kemudian digunakan untuk perhitungan metode weighted product. Sehingga hasil akhir dari sistem ini adalah urutan peringkat rekomendasi hunian yang paling ideal. Pengujian pada sistem ini dilakukan terhadap matriks perbandingan berpasangannya dengan hasil akurasi sebesar 80%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nugraha, R., Indriati, I., & Cholissodin, I. Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process – Weighted Product Untuk Rekomendasi Hunian Ideal (Studi Kasus: Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 848-856, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/980>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel