Analisis Pengaruh User Experience Ride Sharing Application Terhadap Citra Merek Pada Pengguna Android dan iOS

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yudhistira Serdiansyah Alrio Agi Putra Kharisma Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

User experience atau pengalaman pengguna yang didapatkan konsumen melalui partisipasi dan keterlibatan di dalam penggunaan aplikasi memiliki kemungkinan untuk ditangkap lebih kuat dibandingkan pengalaman yang didapatkan konsumen dari media konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh user experience terhadap citra merek, kemudian mengetahui tingkat pengaruh user experience terhadap citra merek, dan mengetahui besarnya pengaruh user experience terhadap citra merek. Penelitian ini menggunakan metode yang dijabarkan oleh De Angeli dengan menggunakan tujuh dimensi yang digunakan untuk mengukur user experience, serta metode yang dijabarkan oleh keller dengan menggunakan tiga dimensi untuk mengukur citra merek. Adapun sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data-data primer yang berasal dari kuesioner. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa user experience pada ride sharing application tidak mempunyai pengaruh terhadap citra merek ride sharing application, kemudian tingkat korelasi yang tinggi user experience terhadap citra merek menjelaskan bahwa user experience mempunyai pengaruh terhadap citra merek, dan user experience mempunyai pengaruh sebesar 29,40% pada pengguna Android dan 52,10% pada pengguna iOS terhadap citra merek.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Alrio, Y., Kharisma, A., & Az-Zahra, H. Analisis Pengaruh User Experience Ride Sharing Application Terhadap Citra Merek Pada Pengguna Android dan iOS. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 869-879, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/983>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel