Peramalan Kenaikan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Kota Malang menggunakan Metode Support Vector Regression (SVR) dengan Chaotic Genetic Algorithm-Simulated Annealing (CGASA)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Maulana Solihin Hidayatullah Imam Cholissodin Rizal Setya Perdana

Abstrak

Peramalan inflasi adalah hal yang rumit. Tingkat inflasi yang dihitung berdasarkan kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dipengaruhi berbagai faktor mulai dari gejolak harga berbagai jenis barang yang tidak menentu, nilai tukar rupiah, tingkat inflasi dunia, kebijakan pemerintah, gejolak suplai barang dan permintaan masyarakat. Hibridasi algoritma support vector regression (SVR) dengan chaotic sequence dan algoritma genetika telah sukses diaplikasikan untuk meningkatkan akurasi peramalan dalam berbagai bidang. Tetapi masih belum banyak diekplorasi penggunaan algoritma ini dalam bidang ekonomi pasar yaitu peramalan inflasi. Jurnal ini akan menganalisa potensial dari algoritma hibridasi yaitu chaotic genetic algorithm-simulated annealing algorithm (CGASA) dengan model SVR untuk meningkatkan performa akurasi peramalan. Dengan tingkat keacakan yang kacau dari chaotic sequence akan mampu menghindarkan premature local optimum dan korvengensi dini, terlebih dengan adanya algoritma simulated annealing yang meningkatkan wilayah pencarian solusi. Hasil uji peramalan pada penelitian ini menunjukkan keakuratan yang lebih baik dibandingkan penelitian sebelumnya yang telah dikaji yaitu Metode ensembel gabungan antara algoritma autoregressive integrated moving average (ARIMA) dan jaringan syaraf tiruan (ANN).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Hidayatullah, M., Cholissodin, I., & Perdana, R. Peramalan Kenaikan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Kota Malang menggunakan Metode Support Vector Regression (SVR) dengan Chaotic Genetic Algorithm-Simulated Annealing (CGASA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, p. 857-868, agu. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/988>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel