Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Jogo Tulungagung Astuti dengan Metode System Usability Scale (SUS) dan Human-Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
Evaluasi, usability, Jogo Tulungagung Astuti, usability testing, system usability scaleAbstrak
Saat ini penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting. Selama ini, penggunaan aplikasi berbasis teknologi telah membantu pengguna dalam bidang pelayanan dan pengaduan. Penggunaan produk teknologi informasi ini salah satunya di instansi kerja kepolisian. Wilayah kepolisian resort Kabupaten Tulungagung meluncurkan aplikasi layanan masyarakat dengan nama Jogo Tulungagung Astuti. Aplikasi Jogo Tulungagung Astuti bertujuan memudahkan pengguna di Kabupaten Tulungagung untuk mengakses informasi kriminal dan melakukan pelaporan tindak pidana kriminal. Salah satu permasalahan yang dihadapi aplikasi Jogo Tulungagung Astuti adalah banyaknya pengguna yang merasa kebingungan ketika menggunakan aplikasi ini. Pada penelitian ini akan menganilis tingkat usability berdasarkan pengalaman pengguna pada aplikasi Jogo Tulungagung Astuti dengan menggunakan metode usability testing dan System Usability Scale (SUS) kuesioner. Hasil akhir pada penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan antarmuka pengguna berupa prototipe. Hasil pengujian akhir mengindikasikan bahwa tingkat efektifitas pada antarmuka yang baru sebesar 96,67%. Sedangkan pada tingkat efisiensi menghasilkan nilai 94,47%. Pada pengujian SUS kuesioner nilai yang diperolah pada pengujian akhir ini mencapai nilai 83 poin. Nilai ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan saat pengujian awal. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perancangan antarmuka pengguna yang baru dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan dengan antarmuka pengguna yang lama.