Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation

Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation

Penulis

  • Gagas Pandusarani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muh. Adams Jonemoro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Game,Interface, User Experience, Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation, Counter Strike : Global Offensive,First-Person Shooter

Abstrak

Counter Strike : Global Offensive adalah game berjenis First-Person Shooter dan merupakan game First-Person Shooter terbaik menurut PC Gamesn dan Steam. Namun, dibalik semua itu apa yang bisa membuat sebuah game menjadi terkenal dan sukses dipasaran. Ada satu ilmu yang dapat menentukannya yaitu, User Experience. User Experience merupakan bagian yang sangat penting dari pembuatan game. Di dalam user experience terdapat Interface, Interface adalah ilmu yang mempelajari tentang tampilan. Kemudian, untuk mengetahui apakah tampilan dari game Counter Strike : Global Offensive sudah cukup baik, maka dilakukan analisis dengan metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation sebuah metode yang memiliki banyak kesamaan yang berbeda hanya dari respondennya Cognitive Walkthrough diuji oleh pemula, Heuristic Evaluation diuji oleh ahli. Analisis bertujuan untuk menemukan kekurangan dari tampilan game tersebut, lalu jika terdapat kekurangan maka akan dibuat sebuah perbaikan dari tampilan tersebut. Hasil dari analisis cukup baik, hanya terdapat satu kekurangan dari pengujian seorang ahli dan dapat ditarik kesimpulan game ini menjadi game terbaik karena miliki User Experience yang tepat.

Unduhan

Diterbitkan

18 Aug 2017

Cara Mengutip

Pandusarani, G., Brata, A. H., & Jonemoro, E. M. A. (2017). Analisis User Experience Pada Game CS:GO dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 940–950. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1017

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...