Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Kelas X TKJ di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto)

Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Kelas X TKJ di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto)

Penulis

  • Nurul Fikriyah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Wibisono Sukmo Wardhono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Antarmuka Pengguna, Human Centered Design, Heuristic for e-learning, System Usability Scale., User Interface, Human Centered Design, Heuristic for e-learning, System Usability Scale.

Abstrak

Aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar merupakan inovasi dan ide dari sekolah SMK Negeri 1 Dlanggu. Tujuan dari inovasi pembuatan aplikasi ini merupakan aplikasi yang ditunjukkan untuk proses belajar mengajar. Dalam mengembangkan aplikasi dibutuhkan tampilan rancangan desain antarmuka yang berupa prototype. Proses perancangan untuk mendesain antarmuka pengguna aplikasi mobile learning menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang berfokus pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Dalam melakukan pengujian prototype menggunakan metode heuristic evaluation. Heuristic evaluation (HE) untuk menilai dan menemukan permasalahan usability berdasarkan prinsip heuristic for e-learning dengan bantuan seorang ahli atau expert sebagai evaluator. Setelah dilakukan pengujian heuristik, selanjutnya melakukan pengujian dengan melibatkan pengguna dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) untuk menghasilkan kepuasan pengguna. Hasil prototype desain solusi dilakukan 2 kali pengujian heuristik, tahap pertama ditemukan temuan masalah sebanyak 36 masalah dan tahap kedua mengalami penurunan sebanyak 20 masalah menjadi 16 temuan permasalahan pada evaluasi desain solusi. Sedangkan hasil kuesioner system usability scale (SUS) mendapatkan skor 73, yang artinya bahwa hasil prototype desain dolusi dapat diterima oleh pengguna. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi desain dalam pengembangan aplikasi mobile learning.

Unduhan

Diterbitkan

21 Oct 2021

Cara Mengutip

Fikriyah, N., Az-Zahra, H. M., & Wardhono, W. S. (2021). Perancangan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Kelas X TKJ di SMKN 1 Dlanggu Mojokerto). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(12), 5188–5195. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10201

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...