Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Berperilaku Pengguna Dalam Bertransaksi pada Online Travel Agent XYZ

Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Berperilaku Pengguna Dalam Bertransaksi pada Online Travel Agent XYZ

Penulis

  • Hadyan El Aufar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ari Kusyanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Himawat Aryadita Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

e-commerce, cyber crime, UTAUT, IUIPC, regresi linear berganda

Abstrak

E-Commerce adalah semua media pertukaran informasi secara elektronik yang menghubungkan antara organisasi dengan stakeholder eksternal (Dave, 2011). Sejak didirikan pada tahun 2012, Online Travel Agent XYZ mengalami beberapa kasus cyber attack yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya adalah pencurian infomasi kartu kredit yang menimpa seorang travel blogger dan proses refund tiket yang dilakukan oleh pihak yang tidak diketahui. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan sebuah pengujian dengan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat berperilaku pengguna dalam bertransaksi pada Online Travel Agent XYZ. Dengan menggabungkan beberapa model yaitu User Acceptance of Information Technology (UTAUT), Internet Users's Information Privacy Concerns (IUIPC), serta menambahkan faktor, privasi, keamanan, dan kepercayaan ke dalam penelitian ini. Variabel yang membangun model pada penelitian ini antara lain adalah: ekspetasi kinerja, ekspetasi usaha, pengaruh lingkungan, fasilitas yang mendukung, pengendalian, kesadaran, pengumpulan, paham resiko, privasi, keamanan dan kepercayaan. Pengumpulan sampel data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi niat berperilaku pengguna adalah kepercayaan, ekspektasi kinerja, dan pengaruh lingkungan

Unduhan

Diterbitkan

21 Aug 2017

Cara Mengutip

Aufar, H. E., Kusyanti, A., & Aryadita, H. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Niat Berperilaku Pengguna Dalam Bertransaksi pada Online Travel Agent XYZ. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 988–997. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1023

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...