Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa)

Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa)

Penulis

  • Rizki Hasna Salsabil Rakha Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Suprapto Suprapto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi malang menyapa, system usability scale, prototype, usability, usability testing, user experience, user experience questionnaire

Abstrak

Aplikasi Malang Menyapa merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Dalam penggunaan aplikasi, ditemukan beberapa permasalahan usability, yaitu tampilan antarmuka yang terlalu ramai, tata letak tombol yang membingungkan, serta informasi yang tidak diperbaharui secara berkala. Penelitian bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan antarmuka guna meningkatkan user experience menggunakan metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil evaluasi awal yang didapatkan digunakan untuk merancang antarmuka baru dalam bentuk prototype. Dari hasil pengujian didapatkan peningkatan sebesar 26% pada komponen Learnability, 64,85% pada komponen Efficiency, serta 59,37 poin pada komponen Satisfaction. Pada komponen Memorability didapatkan penurunan waktu pengerjaan sebesar 16,12% dan 22,32% pada jumlah klik. Pada komponen Error didapatkan penurunan sebesar 59%. Pada hasil pengujian kuesioner UEQ didapatkan peningkatan pada semua skala yang diujikan. Skala attractiveness mengalami peningkatan sebesar 3,45. Pada skala perspicuity mengalami peningkatan sebesar 3,58. Pada skala efficiency mengalami peningkatan sebesar 3,34. Pada skala dependability mengalami peningkatan sebesar 2,73. Pada skala stimulation mengalami peningkatan sebesar 2,31. Pada skala novelty mengalami peningkatan sebesar 3,14. Berdasarkan hasil perbandingan, desain solusi perbaikan berhasil meningkatkan user experience aplikasi Malang Menyapa.

Unduhan

Diterbitkan

29 Okt 2021

Cara Mengutip

Rakha, R. H. S., Wijoyo, S. H., & Suprapto, S. (2021). Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(12), 5391–5401. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10243

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...