Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi H&M
Kata Kunci:
Evaluasi, usability, pengujian usability, aplikasi H&M, antarmuka pengguna.Abstrak
Dari hasil observasi terhadap Google Play Store dan wawancara awal terhadap 3 partisipan, menunjukkan bahwa pengguna masih menemukan masalah dan kesulitan dalam menggunakan aplikasi H&M. Adapun masalah tersebut terdiri dari masalah antarmuka pengguna aplikasi, pengalaman pengguna, hingga respon aplikasi yang lamban. Oleh karena itu, dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui lebih lanjut terkait masalah apa saja yang dialami oleh pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi H&M. Selain itu, juga untuk menghitung nilai dari aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap aplikasi H&M. Berdasarkan hasil analisis permasalahan pada evaluasi usability awal, ditemukan jenis masalah berupa masalah pada tombol, informasi, navigasi, tipografi, gestur, tata letak, scrolling, application bar, respon, filter, ulasan, item selection, checkout, status, text field, dan menu. Dari analisis permasalahan dihasilkan 38 jumlah pedoman (guideline) perbaikan. Hasil perbaikan antarmuka pengguna dalam bentuk mockup dan prototipe yang telah dirancang kemudian dilakukan evaluasi usability lanjut. Selanjutnya dilakukan perbandingan nilai usability pada evaluasi usability awal dan evaluasi usability lanjut. Pada aspek efektivitas, nilai metrik tingkat keberhasilan mengalami peningkatan dari 50% menjadi 86,25%. Sedangkan, nilai metrik tingkat kesalahan mengalami penurunan dari 63% menjadi 12%. Pada aspek efisiensi, nilai metrik time-based efficiency mengalami peningkatan dari 0,60% per detik menjadi 2,80% per detik. Pada aspek kepuasan, skor SUS yang diperoleh juga mengalami peningkatan dari 30,75 menjadi 81,62.