Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Siswa (Studi pada : SMA Negeri 105 Jakarta)

Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Siswa (Studi pada : SMA Negeri 105 Jakarta)

Penulis

  • Bayu Kurniawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Agung Wicaksono Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

sekolah menengah atas, sistem informasi kehadiran siswa, waterfall, blackbox testing, UAT

Abstrak

Saat ini SMAN 105 Jakarta masih sedikit memanfaatkan Sistem Infornasi dalam kegiatan pengajaran maupun administrasi. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut maka dilakukan pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa bagi SMAN 105 Jakarta. Saat ini SMAN 105 Jakarta hanya memiliki website yang hanya menampilkan informasi sekolah dan terbatasnya fitur yang dapat disediakan terhadap website tersebut untuk mendukung kegiatan pembelajaran di dalam sekolah secara langsung dan terbatas kepada kepentingan dari kementrian pendidikan, bukan dari pihak sekolah secara langsung. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan waterfall software development life cycle untuk mengembangkan Sistem Informasi Akademik Siswa. Sistem dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter dan pada perancangan aplikasi tersebut digunakan UML dalam membangun kebutuhan, use case, serta diagram pendukung lainnya. Pengujian terhadap kebutuhan fungsional dalam sistem ini dilakukan dengan menggunakan blackbox testing yang mana menghasilkan hasil valid dalam pengujian kebutuhan tersebut. Dengan penilaian UAT terhadap stakeholder menghasilkan nilai hingga 100% penerimaan terhadap sistem yang dibangun yang menandakan bahwa sistem dapat diterima oleh para pemangku kepentingan.

Unduhan

Diterbitkan

02 Dec 2021

Cara Mengutip

Kurniawan, B., Wicaksono, S. A., & Purnomo, W. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Siswa (Studi pada : SMA Negeri 105 Jakarta). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 35–42. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10334

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...