Pengaruh Aspek Afektif terhadap Prestasi Belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak Studi Kasus Kelas X RPL SMK PGRI 3 Malang
Kata Kunci:
Sikap Afektif, Percaya Diri, Disiplin, Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Pemrograman Web dan Perangkat BergerakAbstrak
Kurikulum-13 memuat penilaian sikap afektif yang berfokus pada perasaan, minat, dan bakat dari setiap peserta didik. Beberapa contoh sikap yang dimiliki peserta didik yaitu keyakinan pada diri sendiri, disiplin, dan tanggung jawab. Studi ini membahas efek atau dampak sikap afektif (percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab) terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Pengukuran sikap afektif diukur menggunakan angket yang berisipernyataan terkait tingkah laku saat di kelas. Pengukuran prestasi belajar diambil dari nilai ulangan harian selama satu semester. Populasi yang digunakan yaitu kelas X RPL SMK PGRI Malang dengan jumlah 55 responden. Studi ini tergolong studi kuantitatif sebab informasi yang diolah berbentuk angka. Menggunakan metode kausal komparatif agar dapat menyampaikan keterkaitan kausal yang berfokus pada sebab akibat. Jenis statistik yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik parametrik. Pengujian data melewati proses uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan, klasifikasi data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif pada aspek afektif dan prestasi belajar siswa menunjukkan berada pada kategori sedang. Pembuktian hipotesis berdasarkan analisis regresi berganda dengan melakukan uji t serta uji f. Hasil statistik menunjukkan sikap percaya diri memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak sebesar 8,80% dengan arah negatif. Sedangkan sikap disiplin berpengaruh sebesar 29,00% arah positif dan sikap tanggung jawab berpengaruh sebesar 11,20% arah positif.