Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD (Studi Kasus di PAUD Seruni 05 Kota Malang)
Kata Kunci:
Evaluasi, Pembelajaran, Dini.Abstrak
Evaluasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didik, serta melihat keberhasilan rencana pembelajaran. PAUD Seruni 05 mencatat penilaian kegiatan harian secara umum pada buku catatan. Sehingga perkembangan tiap anak didik tidak dicatat secara detail. Hal ini bertolak belakang dengan prinsip kurikulum yang berlaku saat ini. Pada Kurikulum 2013 terdapat 3 macam penilaian, yaitu anekdot, checklist dan hasil karya. Penerapan Kurikulum 2013 menyulitkan karena pendidik membutuhkan waktu lama mengelola banyak detail peristiwa hanya untuk tiap anak didik dalam sehari. Oleh karena itu dikembangkan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD untuk memudahkan proses penilaian dan pelaporan perkembangan anak. Sistem menerapkan Rational Unified Process (RUP) sehingga memungkinkan adanya analisis resiko lebih awal, karena dikembangkan secara iteratif dan increment. Pengembangan dilakukan sedikit demi sedikit dan dapat mengakomodasi adanya perbaikan sistem dan perubahan kebutuhan Seruni 05, namun tidak berakibat pada penundaan jadwal proyek. Pengujian unit dan pengujian integrasi menunjukkan bahwa cyclomatic complexity 10. Pengujian validasi dapat disimpulkan bahwa implementasi dari fungsionalitas sistem telah sesuai dengan analisis kebutuhan. System Usability Scale (SUS) mendapatkan nilai 84,9. Pengujian compatibility menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan di berbagai smartphone OS Android versi 2.3 keatas.