Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Whatsapp dan Telegram menggunakan Kuesioner Mecue
Kata Kunci:
user experience, instant messenger, whatsapp, telegram, kuesioner mecueAbstrak
User experience atau pengalaman pengguna adalah bagaimana cara seseorang merasakan ketika menggunakan sebuah jasa, sebuah sistem, atau produk. Pada 8 februari 2021, WhatsApp sebagai salah satu aplikasi pesan instan yang paling marak digunakan saat ini menawarkan kebijakan baru seperti berbagi data, penerusan data ke Facebook, keterbatasan data di tahun 2016 dan sistem enkripsi. Aplikasi Whatsapp banyak kehilangan penggunanya dan beralih ke instant messenger lain seperti Telegram yang memiliki fungsi hampir sama dengan WhatsApp. Berdasarkan isu yang terjadi peneliti ingin menganalisis perbedaan user experience dari pengguna aplikasi Telegram dan WhatsApp dengan menggunakan kuesioner Mecue. Kuesioner disebarkan kepada 54 responden yang telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Dalam kuesioner Mecue terdapat 5 modul dan 10 indikator yaitu Usefulness, usability, visual aesthetics, status, commitment, positive emotions, negative emotions, product loyalty, intention to use dan overall evaluation. Penelitian ini menghasilkan perbandingan dari nilai rata-rata dari setiap indikator kedua aplikasi dimana aplikasi Whatsapp memiliki nilai yang lebih tinggi di semua indikator kecuali indikator visual aesthetics.