Evaluasi Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Google Classroom dan LMS SMKN 3 Malang di Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Metode Tuxel 2.0
Kata Kunci:
evaluasi, user experience, LMS Masterweb, google classroom, Technique for User eXperience Evaluation in e-LearningAbstrak
Adanya pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan bahwa siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh. Salah satu solusi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru SMKN 3 Malang menyebutkan, dalam proses pembelajaran menggunakan dua LMS, yaitu LMS SMKN 3 Malang dan Google Classroom. Namun, Guru lebih sering menggunakan Google Classroom dibandingkan dengan LMS SMKN 3 Malang karena lebih mudah digunakan dan tampilan lebih sederhana. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna pada Google Classroom, LMS SMKN 3 Malang, dan membandingkan kedua LMS tersebut. Serta pemberian rekomendasi terhadap penggunaan LMS SMKN 3 Malang dan Google Classroom. Untuk itu, peneliti melakukan evaluasi User Experience menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) yang terdiri dari tiga aspek, yaitu general usability, pedagogical usability, dan User Experience. Hasil dari penelitian ini pada aspek general usability, Google Classroom ditemukan 11 item permasalahan, dibandingkan dengan LMS Masterweb sebanyak 12 item permasalahan. Pada aspek pedagogical usability, Google Classroom ditemukan 15 item permasalahan, sedangkan pada LMS Masterweb ditemukan sebanyak 18 item permasalahan. Pada aspek User Experience, Google Classroom mengindikasikan tiga kode terdiri dari: (1) mendukung; (2) mudah; (3) menarik. LMS SMKN 3 Malang juga mengindikasikan empat kode yaitu: (1) rumit; (2) jelas; (3) praktis; (4) tidak memenuhi ekspektasi.