Analisis User Experience pada Aplikasi Perangkat Bergerak Kwikku dengan User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation

Analisis User Experience pada Aplikasi Perangkat Bergerak Kwikku dengan User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation

Penulis

  • Wahid Hasyim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Khalid Rahmadan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, user experience questionnaire, analisis, desain perbaikan, heuristic evaluation, kwikku

Abstrak

Kwikku merupakan sebuah platform untuk Generasi Z yang mengolaborasikan antara pembaca dan
content creator sehingga para pengguna Kwikku dapat menikmati berbagai konten yang menarik dan
berkualitas mulai dari novel, webtoon dan artikel. Kwikku juga dilengkapi dengan fitur media sosial
yang bisa mendukung para content creator untuk berkomunikasi langsung dengan pembaca dan
mempromosikan karya mereka. Berdasarkan wawancara singkat, ulasan pada playstore, dan observasi
ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mengurangi nilai user experience pada aplikasi perangkat
bergerak Kwikku. Untuk mengetahui tingkat user experience pada aplikasi perangkat bergerak Kwikku
dan memahami permasalahan-permasalahan yang ada secara mendalam maka dilakukanlah
pengambilan data dan analisis menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Heuristic
Evaluation (HE).Setelah dilakukan analisis, selanjutnya juga dilakukan proses pembuatan rekomendasi
desain perbaikan berdasarkan rekomendasi yang telah didapatkan dari evaluator. Berdasarkan hasil
analisis user experience pada desain lama dihasilkan bahwasanya level user experience pada aplikasi
perangkat bergerak Kwikku memiliki nilai yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil benchmark pada
UEQ dengan kategori above average, good dan excellent dengan rata-rata masing-masing skala yaitu
1.55 (Daya Tarik), 1.83 (Kejelasan), 1.58 (Efisiensi), 1.39 (Ketepatan), 1.95 (Stimulasi), dan 1.65
(Kebaruan). Untuk hasil evaluasi menggunakan HE, evaluator yang terlibat menemukan 25 total
permasalahan terkait usability dan user experience dan diberikan pula rekomendasi perbaikan untuk
masing-masing permasalahan. Desain perbaikan yang telah dibuat berdasarkan rekomendasi perbaikan
yang diberikan oleh evaluator kembali dilakukan pengukuran user experience menggunakan UEQ. Dari
hasil pengukuran user experience desain perbaikan tersebut didapatkan peningkatan level user
experience yang ditunjukan oleh hasil benchmark UEQ yang menunjukan seluruh skala pada UEQ
masuk pada kategori excellent.

Unduhan

Diterbitkan

31 Dec 2021

Cara Mengutip

Hasyim, W., Aknuranda, I., & Rahmadan, K. (2021). Analisis User Experience pada Aplikasi Perangkat Bergerak Kwikku dengan User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 181–191. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10407

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...