Rancang Bangun Alat Pengenalan Papan Nama Ruangan pada Berbagai Kondisi Pencahayaan menggunakan Algoritme YOLOv3 berbasis NVIDIA Jetson Nano

Rancang Bangun Alat Pengenalan Papan Nama Ruangan pada Berbagai Kondisi Pencahayaan menggunakan Algoritme YOLOv3 berbasis NVIDIA Jetson Nano

Penulis

  • Asep Ranta Munajat Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Fitri Utaminingrum Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Tunanetra, Pengenalan, Papan Nama RUangan, Kondisi Pencahyaan, YOLOv3

Abstrak

Manusia memiliki indera penglihatan yang mampu memperoleh informasi visual dalam menangkap objek secara jauh dan dekat, akan tetapi berbeda dengan penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berjalan di tempat asing dan mencari ruangan yang dilakukan secara mandiri. Beberapa penelitian telah membuat alat pendeteksi suatu objek untuk membantu penyandang tunanetra melalui suara menggunakan kamera, kondisi pencahayaan ternyata berpengaruh terhadap akurasi pendeteksian suatu objek. Solusi yang dilakukan membuat alat bantu penyadang tunanetra untuk mengenali papan nama ruangan pada berbagai kondisi pencahayaan menggunakan algoritme YOLOv3 berbasis Nvidia Jetson Nano. Sistem ini menyesuaikan 3 kondisi pencahayaan yaitu gelap (0-50 lux), redup (51- 100 lux) dan terang (101-500 lux) menggunakan jarak 1 hingga 2.5 meter. Hasil dari pengenalan papan nama ruangan ini berupa keluaran suara. Hasil dari pengujian berdasarkan respon sensor LDR terhadap kondisi pencahayaan sebesar 100%, keluaran suara terhadap pengenalan papan nama ruangan sebesar 100%, waktu komputasi didapatkan pada respon lampu LED dan mode CLAHE sebesar 1.891 detik dan pengenalan papan nama ruangan sebesar 0.40008 detik. Nilai rata-rata keseluruhan sistem pada pengenalan papan nama ruangan terhadap kondisi pencahayaan yaitu sebesar 95.67%.

Unduhan

Diterbitkan

31 Dec 2021

Cara Mengutip

Munajat, A. R., & Utaminingrum, F. (2021). Rancang Bangun Alat Pengenalan Papan Nama Ruangan pada Berbagai Kondisi Pencahayaan menggunakan Algoritme YOLOv3 berbasis NVIDIA Jetson Nano. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 210–215. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10421

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...