Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Kursus Perpajakan Daring Piranha Smart Center dengan Pendekatan Human-Centered Design
Kata Kunci:
human-centered design (HCD), usability, usability testing, antarmuka pengguna, pengalaman penggunaAbstrak
PT. Piranha Multi Talenta mengembangkan learning management system Piranha Smart Center sebagai kursus edukasi perpajakan atau disebut website LMS PSC. Meski website LMS PSC telah digunakan oleh peserta kursus, namun masih ditemukan permasalahan terkait antarmuka saat diakses menggunakan smartphone. Riset ini mempraktikkan pendekatan Human-Centered Design (HCD) selaku pengembangan penyelesaian desain serta memakai usability testing guna mengukur penilaian antarmuka serta pengalaman pengguna. Penilaian antarmuka pengguna dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada antarmuka pengguna LMS PSC saat sebelum dilakukan pebaikan serta setelah adanya perbaikan. Penilaian awal dilakukan untuk pemahaman konteks penggunaan dan memvalidasi permasalahan yang ada. Dalam evaluasi pertama yang diikuti oleh 5 partisipan didapatkan nilai rata-rata efektivitas sebesar 88%, nilai rata-rata efisiensi 0,0251 goals/detik dan 83,19%, dan nilai kepuasan pengguna berdasarkan SEQ berkisar diantara 3,6 hingga 5,2 dan berdasarkan skor SUS sebesar 57,00 (tingkat D). Selanjutnya, perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan tujuan menyelesaikan permasalahan pengguna dan meningkatkan aspek-aspek usability. Dalam evaluasi perbaikan antarmuka pengguna yang dilakukan sebanyak 2 sesi dan diikuti oleh 5 partisipan sebelumnya dengan skenario tugas yang sama saat skenario tugas evaluasi awal mampu meningkatkan nilai efektivitas sebesar 100%, nilai efisiensi menjadi 0,0574 goals/detik dan 100%, peningkatan nilai kepuasan pengguna berdasarkan skor SUS sebesar 94,00 (tingkat A+) dan skor SEQ diantara 6,4 hingga 7. Sedangkan nilai usability dengan skenario tugas terkait kebutuhan fitur baru yang ditemukan saat pemahaman konteks penggunaan mendapatkan efektivitas sebesar 93%, efisiensi sebesar 0,0771 goals/detik dan 93,26%, dan terhadap kepuasan pengguna berdasarkan skor SUS sebesar 90,00 (tingkat A+) dan SEQ berkisar diantara 6,6 hingga 6,8.