Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Siswa SMAIT Ibnu Abbas menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
Antarmuka Pengguna, Pengelolaan Nilai Siswa, Perancangan, Human Centered DesignAbstrak
Pengelolaan nilai merupakan hal yang rutin dilakukan pada lembaga pendidikan yang keluarannya berupa rapot. Pengelolaan nilai pada SMAIT Ibnu Abbas masih menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel dan guru merasa tidak berjalan efektif. Berdasarkan wawancara kepada guru dan wali kelas, SMAIT Ibnu Abbas memerlukan sistem informasi pengelolaan siswa sebagai informasi kepada wali siswa, mengefektifkan penyaluran rapot, dan penyimpanan rapot. Tujuan pembuatan perancangan antarmuka pengguna sistem informasi adalah untuk memudahkan guru dalam pengelolaan nilai agar berjalan efektif, memudahkan pendistribusian, dan memudahkan wali siswa mengakses rapot. Metode Human Centered Design yang berfokus kepada manusia dalam proses desain dan memiliki 4 tahapan yaitu; menentukan konteks penggunaan, menentukan kebutuhan penggunaan, membuat solusi desain, dan mengevaluasi hasil desain. Penelitian ini mengasilkan sebuah prototipe sistem informasi berbasis website aplikasi. Tahap menentukan konteks penggunaan ditentukan 5 pengguna sistem yaitu admin, guru mata pelajaran, wali kelas, siswa, dan wali siswa. Penentuan tugas dan tujuan untuk pengguna, beserta lingkungan sistem. Tahap menentukan kebutuhan pengguna menghasilkan fitur, 43 kebutuhan fungsional, dan 1 kebutuhan non-fungsional. Tahap solusi desain menghasilkan 31 tampilan halaman wireframe, saran perbaikan, dan prototype desain akhir 45 halaman. Tahap mengevaluasi hasil desain dilakukan pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) kepada 13 responden yang terdiri dari seluruh kelompok pengguna. Hasil pengujian menunjukkan rata-rata 70.769 yang termasuk kategori acceptability rate acceptable. Hasil usability testing aspek efektivitas menunjukkan hasil 98.75%.