Pengembangan Lanjut Aplikasi Supervisi Pembelajaran berbasis Mobile (LESON)
Kata Kunci:
supervisi pembelajaran, mobile, android, pengembangan perangkat lunak, scrumAbstrak
Kualitas hidup manusia akan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Hasil dari penerapan teknologi menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup dalam bidang pendidikan seperti munculnya aplikasi untuk perangkat mobile yang berdampak pada pengajar dalam bidang pendidikan, seperti saat melakukan supervisi pembelajaran. Penerapan teknologi dengan mengambil dokumentasi foto dan atau video berlangsung secara terpisah, namun hal ini menyebabkan perlunya usaha lebih untuk menyatukan data hasil kegiatan. Hal ini mendorong penulis untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat mobile sebagai solusi. Pengembangan aplikasi menggunakan metode pengembangan perangkat lunak scrum dengan karakteristik iterasi. Tahapan dari pengembangan aplikasi mencakup analisis kebutuhan yang terdiri dari gambaran umum sistem, identifikasi aktor, aturan penomoran, daftar kebutuhan fungsional, daftar spesifikasi kebutuhan fungsional, daftar kebutuhan non-fungsional, dan pemodelan kebutuhan; lalu perancangan dan implementasi yang terdiri dari perancangan sequence diagram, class diagram, perancangan dan implementasi basis data, kode program, serta antarmuka. Hasil dari pengembangan aplikasi adalah artefak aplikasi untuk perangkat mobile yang telah melalui empat pengujian, yaitu blackbox dengan hasil yang valid terhadap semua kebutuhan fungsional, portability dengan hasil yang valid terhadap tiga kebutuhan fungsional pada tiga versi sistem, compatibility dengan hasil yang valid terhadap tiga antarmuka pada tiga versi layar, dan usability dengan hasil umpan balik dari tiga pengguna.