Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Microteaching Pendukung Standar Kompetensi Mahasiswa Calon Guru berbasis Mobile dengan Pendekatan Human Centered Design dan Remote Usability Testing
Kata Kunci:
Microteaching, Human Centered Design, Remote Usability Testing, Retrospective Think Aloud, Single Ease Question, User ExperienceAbstrak
Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Microteaching Pendukung Standar Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Berbasis Mobile Dengan Pendekatan Human Centered Design dan Remote Usability Testing dilakukan dengan tujuan untuk mendukung tercapainya standar kompetensi mahasiswa calon guru melalui perancangan aplikasi yang digunakan dalam merefleksi kegiatan microteaching. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan yaitu Human Centered Design, sedangkan metode yang digunakan dalam pengujian yaitu Remote Usability Testing dan Retrospective Think Aloud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan aktivitas mengumpulkan data, menganalisis data, hingga akhirnya memperoleh informasi terkait hasil pengolahan data tersebut. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri atas dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengelolaan Kelas, guru SMK, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Berdasarkan pengujian efektivitas dengan perhitungan success rate menunjukkan bahwa prototype memperoleh nilai success rate sebesar 95.2%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan time based efficiency, nilai efisiensi dari prototype yaitu 0.155 goals/detik. Pada aspek kemudahaan penggunaan memperoleh nilai sebesar 6.76 dengan pengukuran Single Ease Question (SEQ) yang menandakan bahwa aplikasi microteaching dikategorikan sebagai aplikasi yang sangat mudah digunakan. Perbaikan dilakukan pada halaman splash screen dan beranda yang lebih mengarah pada perbaikan tampilan, memperjelas tombol, dan juga menghilangkan tombol yang tidak memiliki fungsi agar lebih memudahkan pengguna.