Pembangunan Aplikasi Asuhan Gizi Pasien Covid-19 (Studi Kasus: RS Lapangan Ijen Boulevard Malang)
Kata Kunci:
covid-19, asuhan gizi, web, Android hybrid, Rest API, rumah sakitAbstrak
Covid-19 telah memasuki Indonesia sejak akhir tahun 2019. Penanganan wabah ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah Indonesia dengan berdirinya sejumlah rumah sakit yang dikhususkan untuk menangani wabah Covid-19. Salah satu rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard Malang yang berfokus pada pelayanan pasien pengidap Covid-19 Dalam proses berjalannya pelayanan, terdapat kendala pada unit ahli gizi yang mana tim ahli gizi tidak bisa berkomunikasi dan mengetahui kondisi pasien secara langsung dikarenakan pasien berada di area isolasi sehingga terpisah dengan posisi kantor ahli gizi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dibuatlah sebuah aplikasi yang berguna untuk pencatatan data asuhan gizi pasien dan media komunikasi antara pasien dengan ahli gizi. Aplikasi dalam penelitian ini dikembangkan dalam dua platform, yaitu web dan Android khusus untuk aplikasi milik pasien. Teknologi REST API digunakan dalam aplikasi ini untuk proses pertukaran data. Untuk pengembangan versi Android, aplikasi dikembangkan menggunakan teknologi Android Hybrid. Pengujian aplikasi menerapkan pengujian white box dan pengujian black box. Pengujian white box yang terdiri dari pengujian unit dan pengujian integrasi menghasilkan status 100% valid. Untuk jenis pengujian black box, antara pengujian validasi dan compatibility testing menunjukkan hasil 100% valid untuk kasus uji yang telah ditentukan di tahap analisis kebutuhan.