Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Platform BagiKata menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD)
Kata Kunci:
User Experience, Goal-Directed Design, User Testing, User Experience Questionnaire (UEQ), Kesehatan MentalAbstrak
BagiKata merupakan sebuah platform tanya jawab yang dapat menghubungkan penggunannya dengan beragam kontributor atau konselor yang berpengalaman dalam bidang kesehatan mental. Dalam penggunaannya, pengguna masih mengalami beberapa permasalahan, diantaranya adalah terbatasnya platform yang dimiliki oleh pengguna dan belum adanya kesatuan sistem untuk memberikan keseluruhan layanan yang dibutuhkan oleh pengguna. Sedangkan BagiKata menginginkan perancangan antarmuka yang dapat memenuhi kebutuhan dari para penggunanya, namun BagiKata belum pernah melakukan riset mengenai apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang menjadi masalah para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan aplikasi mobile BagiKata menggunakan 5 fase pada metode Goal-Directed Design. Pada fase research, didapatkan analisis kebutuhan dari stakeholder dan pengguna. Pada fase modeling, dihasilkan satu persona dari sekelompok pengguna dan user journey. Pada fase requirement, dihasilkan konteks skenario, requirements, dan arsitektur informasi. Pada fase framework, dihasilkan design system dan kerangka desain aplikasi mobile. Pada fase refinement, dihasilkan prototype high-fidelity dan pengujian menggunakan User Testing dan User Experience Questionnaire. Pengujian dengan User Experience Questionnaire menghasilkan nilai mean dengan kategori positif pada setiap skala UEQ. Pada Benchmark UEQ skala Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan, dan Stimulasi tergolong ke dalam kategori Excellent (Sangat Baik) pada Benchmark. Sedangkan skala Kejelasan dan Kebaruan tergolong ke dalam kategori Good (Baik) pada Benchmark.