Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Gim Puzzle dan Quiz pada Pelajaran Pemrograman Dasar menggunakan Metode ADDIE
Kata Kunci:
Pemrograman Dasar, Gim, Puzzle, ADDIEAbstrak
Pemrograman dasar adalah mata pelajaran yang penting untuk dilewati oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang jurusannya berbais teknologi dan komputer. Pada pemrograman dasar itu sendiri memiliki beberapa kompetisi dasar yang harus dipahami siswa, yang dimulai siswa dituntut untuk mengetahui berbagai jenis bahasa pemrograman, dilanjutkan dengan penulisan sintak program, memahami tipe data dan variabel konstanta, dll. Belajar pemrogramn dasar memerlukan banyak praktik yang mana dapat melatih siswa terjun langsung melakukan pemrograman, begitu pula yang dialami oleh SMK National Media Center Malang yang mendapati masalah kurang waktu untuk praktik dalam mengajar pemrograman dasar dikarenakan pandemi Covid-19 ini. Pada masa pandemi semua kegiatan belajar mengajar selalu dilaksanakan secara daring. Kegiatan pembelajaran daring seperti ini biasanya berlangsung dibantu dengan media video call. Adanya kendala jarak ini maka alur belajar ini akan berbeda dengan kegiatan belajar secara langsung di kelas, dari segi alur penyampaian materi atau minat dan motivasi siswa dalam penerimaan materi. Oleh karena itu, selaku penulis melakukan pengembangan sebuah media yang dapat membantu siswa memahami pelajaran Pemrograman Dasar. Media ini nantinya akan berbentuk sebuah gim yang berbasis Android, dengan memiliki gaya puzzle quiz game dan terdapat modul materi. Dalam pengembangannya, media gim ini dirancang dengan metode ADDIE Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi. Pengujian media gim akan dilakukan dengan 3 metode yaitu, menggunakan Blackbox testing untuk kinerja fungsionalitas media gim, dilanjutkan dengan User Acceptance Testing (UAT) untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna dengan media, dan yang terakhir Angket Motivasi guna mengukur tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media.