Pengembangan Sistem Informasi Monitoring dan Helpdesk Proyek Pengembangan Perangkat Lunak (Studi Kasus: PT Lua Kreatif Teknologi)
Kata Kunci:
pengembangan sistem informasi, monitoring proyek, helpdesk proyekAbstrak
PT Lua Kreatif Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan berfokus pada pengembangan perangkat lunak. PT Lua saat ini membutuhkan sistem informasi manajemen proyek secara mandiri yang berfokus pada kebutuhan monitoring dan helpdesk proyek, yang berjalan saat fase proyek executing dan monitoring & controlling dan saat after sales. Oleh karena itu, penelitian ini menjelaskan pengembangan sistem informasi berbasis web berdasarkan kebutuhan PT Lua. Model pengembangan sistem informasi ini menerapkan SDLC (Software Development Life Cycle) waterfall dan menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk perancangannya. Hasil dari analisis kebutuhan untuk pengembangan sistem informasi ini menghasilkan konteks penggunaan sistem yang memiliki 47 kebutuhan fungsional dan 5 kebutuhan non fungsional. Terdapat penyesuaian untuk proses bisnis yang berjalan (as-is) dengan yang ditawarkan (to-be) melalui sistem informasi yang dibangun dan dimodelkan dengan BPMN (Business Process Modeling Notation). Proses implementasi sistem menerapkan arsitektur single page application yang saling berkomunikasi antara klien (React.js) dan server (Node.js) menggunakan protokol HTTP tanpa adanya reload di klien. Metode pengujian menggunakan black-box testing dengan melakukan pengujian validasi terhadap fungsional sistem dan UAT (User Acceptance Testing) yang akan diujikan kepada pemangku kepentingan di PT Lua Kreatif Teknologi.