Pengembangan Aplikasi Percakapan Daring Pengelolaan Hubungan Pelanggan (Studi Kasus PT. Indi Platform Raksasa)
Kata Kunci:
hubungan, pelanggan, percakapan, daring, whatsappAbstrak
Dalam menjalankan bisnisnya PT. Indi Platform Raksasa memanfaatkan aplikasi pesan instan whatsapp sebagai salah satu sarana komunikasi terhadap pelanggan maupun calon pelanggan. Terdapat 50 admin yang bertugas menerima order dan memberi layanan informasi terhadap pelanggan. Pada satu hari setiap admin dapat menerima 1500 hingga 2000 pesan setiap harinya. Untuk mempermudah admin dalam mengingat kategori pelanggan maka dibuat sistim pencatatan pelanggan menggunakan excel, namun seiring berkembangnya jumlah pesan yang masuk setiap harinya maka proses pencatatan pelanggan menjadi kurang efisien dan memakan banyak waktu dan tenaga. Selain itu kinerja setiap admin tidak dapat di kontrol karena tidak ada alat untuk mengukur kinerja admin. Pada penilitian ini penulis mencoba menerapkan penggunaan sistem informasi untuk mengatasi beberapa masalah diatas. Dalam mengembangkan sistem informasi penulis menggunakan metode waterfall. Dari hasil analisis kebutuhan pengembangan aplikasi percakapan daring pengelolaan hubungan pelanggan terdapat 2 aktor dan didapatkan 21 kebutuhan fungsional serta 1 kebutuhan non-fungsional. dari hasil analisis kebutuhan dibuat perancangan sistem yang menghasilkan 9 kelas pada backend serta 2 kelas pada frontend, selain itu terdapat 6 entitas pada perancangan struktur data. Pada pengujian sistim yang dikembangkan didapatkan hasil pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi 100% valid sedangkan pengujian reliability pada sistem mendapatkan nilai MTBF 1261 Menit.