Evaluasi dan Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Registrasi Online Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi menggunakan Human-Centered Design
Kata Kunci:
user experience, pengujian usability, evaluasi, human centered design, kuesioner USEAbstrak
Penyediaan Aplikasi mobile registrasi online rawat jalan RSUP Dr. Kariadi berfungsi untuk mendukung pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) serta untuk mencapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bidang kesehatan yang sesuai sasaran. Untuk mengetahui kinerja suatu produk apakah memperoleh kegagalan atau keberhasilan dapat dilihat dari sisi user experience. Agar aplikasi ini dapat berfungsi lebih optimal dan maksimal, perlu dilakukan evaluasi dari sisi user experience secara berkala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis user experience yakni Human-Centered Design (HCD). Dilakukan pengambilan data dari para responden menggunakan kuesioner USE untuk merancang ulang dan memperbaiki permasalahan pengguna yang terdapat pada aplikasi. Pada kuesioner USE terdapat empat aspek usability yakni usefulness, ease of use, ease of learn dan satisfaction yang termuat pada 30 pernyataan yang diukur dengan tujuh skala likert. Pada penelitian dilakukan evaluasi awal untuk melihat tingkat usability, kemudian data yang diperoleh digunakan untuk membuat rancangan rekomendasi antarmuka yang baru. Kemudian dilakukan evaluasi akhir untuk mengukur tingkat usability pada rancangan rekomendasi antarmuka yang telah dibuat. Pada evaluasi awal didapatkan data untuk tingkat usability sebesar 57.94% yang berada pada kategori cukup baik. Pada evaluasi akhir didapatkan data untuk tingkat usability sebesar 73.79% yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan aplikasi yang baru memiliki tingkat usability lebih tinggi daripada aplikasi awal.