Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Digital Marketing Youtube untuk UMKM menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
user experience, UX, HCD, heuristic evaluation, severity rating, digital marketingAbstrak
Pada tanggal 17 November 2019, sebuah virus baru terungkap di China yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Untuk mengurangi penyebaran virus tersebut maka pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pandemi ini merugikan segala sektor termasuk UMKM. Menurut survei Bank Indonesia (BI) yang dirilis pada Maret 2021 lalu, sekitar 87,5 persen UMKM di Indonesia terdampak pandemi covid-19. Namun, BI mencatat terdapat 12,5% yang tidak terdampak pandemi covid-19 dikarenakan UMKM tersebut melakukan transformasi dengan digitalisasi. Digitalisasi bisa dimulai dengan cara digital marketing namun masih banyak UMKM yang belum melakukan digital marketing karena minim pengetahuan tentang melakukan digital marketing menggunakan sosial media contohnya youtube. Penelitian ini berfokus untuk merancang user experience (UX) aplikasi pembelajaran digital marketing youtube agar sistem yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang digunakan adalah Human-Centered Design (HCD) yaitu metode penyelesaian permasalahan dengan melibatkan perspektif manusia. Penelitian ini akan menghasilkan high-fidelity prototype yang akan diuji menggunakan metode heuristic evaluation. Terdapat 3 evaluator yang merupakan expert untuk melakukan pengujian yang menghasilkan 24 temuan masalah kegunaan. Masalah kegunaan tersebut dikategorikan berdasarkan severity rating kemudian dilakukan perbaikan permasalahan.