Pengembangan Modul Elektronik pada Pembelajaran Search Engine Marketing (SEM) dengan Metode Research and Development (R&D) (Studi pada: SMK PGRI 3 Malang)

Pengembangan Modul Elektronik pada Pembelajaran Search Engine Marketing (SEM) dengan Metode Research and Development (R&D) (Studi pada: SMK PGRI 3 Malang)

Penulis

  • Ricky Nourman Alfaried Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Faizatul Amalia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

modul elektronik, R&D, prinsip multimedia, Search Engine Marketing (SEM)

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan modul elektronik yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Search Engine Marketing (SEM) mata pelajaran Bisnis Daring di SMK PGRI 3 Malang. Pengembangan modul elektronik dilakukan dengan metode Research and Development (R&D). Modul yang dikembangkan menerapkan prinsip multimedia diantaranya prinsip Contiguity yaitu dengan menempatkan gambar dan penjelasan pada satu halaman, prinsip Signaling yaitu dengan memberikan tanda pada poin khusus, prinsip Coherence yaitu dengan menambahkan materi yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran saja, dan prinsip Redundancy yaitu dengan mengurangi penjelasan atau media yang tidak dibutuhkan. Penerapan prinsip multimedia memperoleh tingkat validasi Sangat Baik dari ahli media dengan rata-rata nilai 4.00. Pengujian dengan menggunakan kuesioner dilakukan kepada ahli materi, ahli media dan siswa untuk mengetahui kevalidan modul elektronik. Dari proses pengujian diperoleh rata-rata skor total 3,50 dengan tingkat validasi Sangat Baik. Uji Paired Sample T-Test digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan penerapan modul elektronik yang dilaksanakan dengan memadukan nilai pre test dan post test siswa. Pengujian ini memperoleh hasil nilai signifikasi sebesar 0,000 yang kurang dari 0,05, maka ada kenaikan nilai hasil belajar yang didapatkan peserta didik antara sebelum penerapan modul elektronik (pre test) dan sesudah penerapan modul elektronik (post test).

Unduhan

Diterbitkan

15 Feb 2022

Cara Mengutip

Alfaried, R. N., Rokhmawati, R. I., & Amalia, F. (2022). Pengembangan Modul Elektronik pada Pembelajaran Search Engine Marketing (SEM) dengan Metode Research and Development (R&D) (Studi pada: SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(4), 1728–1736. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10911

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...