Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Cagar Budaya Malang Raya dengan Fitur Tampilan Virtual Reality dan Lokasi Terdekat

Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Cagar Budaya Malang Raya dengan Fitur Tampilan Virtual Reality dan Lokasi Terdekat

Penulis

  • Muhammad Budi Fauzan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

virtual reality, a-frame, cagar budaya, malang raya, android, scrum

Abstrak

Cagar budaya adalah daerah yang kelestarian hidup masyarakat dan peri kehidupannya dilindungi oleh undang-undang dari bahaya kepunahan (Kemendikbud, 2016). Malang Raya adalah salah satu kota tertua di Jawa Timur, Malang Raya sudah ada semenjak masa Kerajaan Kanjuruhan, karena hal tersebut, Malang Raya memiliki banyak bangunan bersejarah, yang di antaranya termasuk ke dalam kategori cagar budaya. Namun karena munculnya pandemi Covid 19 pada tahun 2020, hal tersebut menyebabkan ditutupnya akses masyarakat untuk mengunjungi cagar budaya-cagar budaya yang ada di Malang Raya. Berdasarkan masalah tersebut, pada penelitian ini akan dikembangkan aplikasi berbasis Android, yang dapat menampilkan lingkungan cagar budaya-cagar budaya tersebut dalam bentuk Virtual Reality (VR). Dengan adanya aplikasi ini masyarakat yang tidak bisa mengunjungi cagar budaya akan bisa merasakan hal yang sama layaknya mengunjungi tempat tersebut secara langsung. Dilakukan dua jenis pengujian pada aplikasi ini yaitu pengujian Black Box, dan pengujian usability. Pengujian Black Box digunakan untuk menjamin bahwa fungsionalitas-fungsionalitas pada aplikasi dapat berjalan dengan baik dan benar. Sedangkan pengujian usability digunakan untuk mencari tahu tingkat kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini nantinya. Pada pengujian Black Box, didapati seluruh test case pengujian bernilai valid. Sedangkan untuk pengujian usability didapati skor rata-rata System Usability Testing (SUS) sebesar 82 poin. Dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan oleh pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

16 Feb 2022

Cara Mengutip

Fauzan, M. B., & Tolle, H. (2022). Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Cagar Budaya Malang Raya dengan Fitur Tampilan Virtual Reality dan Lokasi Terdekat. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(4), 1825–1832. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10929

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...