Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0
Kata Kunci:
e-commerce, Mister Aladin, WebQual 4.0, regresi linier, kepuasan pelangganAbstrak
E-commerce merupakan pasar online yang berkembang secara pesat dan merubah pola bisnis dengan menggunakan internet sebagai alat komunikasi. Mister Aladin adalah salah satu e-commerce berupa situs pemesanan hotel yang berada dibawah naungan MNC Media Investment. Sebagai salah satu e-commerce yang baru, perlu dilakukan evaluasi untuk menilai apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam mengakses Mister Aladin. Untuk menilai kepuasan pelanggan, kualitas dari layanan yang diberikan menjadi fokus utama yang sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa semakin tinggi kualitas maka akan semakin banyak pelanggan yang merasa puas. Untuk mengukur kepuasan pelanggan diperlukan metode dan alat ukur yang akurat dan sesuai, seperti WebQual 4.0. Dari latar belakang tersebut, penulis merasa perlu dilakukan pengujian untuk mengetahui pengaruh kualitas website Mister Aladin terhadap kepuasan pelanggannya. Setelah dilakukan pengujian dari hasil penilaian pengguna Mister Aladin menggunakan WebQual 4.0, perlu dilakukan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan, kualitas website yang terdiri dari usability, information quality dan service interaction quality mempengaruhi kepuasan pelanggan Mister Aladin. Terlihat dari hubungan antar variabel bebas memberikan hubungan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan.