Analisis Sentimen Opini Masyarakat terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah menggunakan Metode Support Vector Machine dan Term Frequency – Inverse Document Frequency

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Jasico Da Comoro Aruan Bayu Rahayudi Achmad Ridok

Abstrak

Rumah Sakit Umum Daerah adalah institusi pelayanan Kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Pelayanan yang di berikan rumah sakit di tuntut untuk selalu melakukan perubahan, agar pelayanan itu dapat sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. RSUD sebagai salah satu instansi yang mempunyai fungsi memberikan pelayanan Kesehatan tentunya harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Perihal meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, pemerintah sebagai aktor utama yang berperan secara langsung baik untuk bertanggung jawab maupun merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina, dan mengawasi peyelenggaraan peningkatan mutu kesehatan dalam hal ini melalui beberapa produk kebijakan publiknya telah secara tegas membahas serta mengatur segala sesuatu yang berkenaan dalam rangka pencapaian hal tersebut. Berdasarkan tentang keperluan RSUD dalam menilai sentiment masyarakat sebagai poin penting dalam proses akreditasi RSUD, maka diperlukan untuk melakukan analisis sentiment opini masyrakat terhadap terhadap RSUD. Untuk melakukan analisis sentiment metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine dan pembobotan kata menggunakan Term Frequency-Inverse Document Frequency. Pengujian menggunakan Cross Validation dengan data latih sebanyak 132 dan data uji sebanyak 33 menghasilkan nilai akurasi sebesar 88% didapatkan juga recall sebesar 87,5%, precision sebesar 90% dan f-measure sebesar 87,5%. Nilai tersebut didapat pada saat menggunakan parameter C=1 dan Itermax=1000.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Aruan, J., Rahayudi, B., & Ridok, A. Analisis Sentimen Opini Masyarakat terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah menggunakan Metode Support Vector Machine dan Term Frequency – Inverse Document Frequency. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2072-2078, mar. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10976>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel