Analisis Sequential Pattern Mining untuk Menggali Informasi Proses Belajar pada Media Pembelajaran Aritmatika

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rudi Gunawan Ahmad Afif Supianto Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Penerapan teknologi pendidikan sering digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya media pembelajaran aritmatika. Penggunaan media pembelajaran dalam tindakan proses belajar siswa yang sudah dilakukan, bisa menyimpan data pada bentuk data log. Data log urutan proses belajar siswa yang telah dihasilkan perlu dilakukan pengolahan informasi dan analisis untuk mengidentifikasi pola belajar yang sama guna membantu pengajar memberikan masukan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan data log dari media pembelajaran aritmatika dengan menggunakan metode sequential pattern mining yang digunakan untuk menggali informasi yang berguna dari proses belajar siswa saat mengerjakan soal. Algoritme yang digunakan adalah Sequential PAttern Discovery using Equivalent classes (SPADE). Algoritme SPADE diterapkan untuk mengidentifikasi pola belajar yang sama berdasarkan aktivitas proses belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran tersebut. Selanjutnya, pola belajar yang telah berhasil diperoleh akan dilakukan penggalian informasi untuk dianalisis pola belajar yang sama berdasarkan kategori kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil implementasi dan analisis yang telah dilakukan terhadap 17 soal yang berhasil diolah pada media pembelajaran aritmatika, dihasilkan 6 pola kegiatan belajar yang bervariasi pada tiap soal dan level, yaitu: pola 1, pola 2, pola 3, pola 4, pola 5, dan pola 6. Setiap pola membutuhkan umpan balik yang berbeda untuk mengoptimalkan kemajuan belajar siswa.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Gunawan, R., Supianto, A., & Herlambang, A. Analisis Sequential Pattern Mining untuk Menggali Informasi Proses Belajar pada Media Pembelajaran Aritmatika. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2088-2097, mar. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10981>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel