Pemanfaatan Teknologi Progressive Web Apps (PWA) dalam Pengembangan Sistem Penjualan Satelit berbasis Web (Studi Kasus : PT Pasifik Satelit Nusantara)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Abi Dwijo Sukma Tibyani Tibyani Issa Arwani

Abstrak

PT Pasifik Satelit Nusantara adalah perusahaan dan operator telekomunikasi dan informasi satelit Indonesia. Dari PT Pasifik Satelit Nusantara sudah mempunyai sebuah website yang menyediakan keterangan-keterangan product & service yang dijual. Namun dari website tersebut kurang dalam membantu untuk memudahkan konsumen untuk tertarik memakai product & service yang disediakan oleh PT Pasifik Satelit Nusantara, karena cara mengaksesnya dengan cara mengetik manual alamat website membuat pengguna malas untuk mengujungi website tersebut, dan ketika pengguna berada di tempat yang minim jaringan, maka akan loading lambat. Untuk mengatasi kendala terjadi, merakit situs bisnis online menggunakan teknik Waterfall lengkap dengan kerangka kerja manajemen pesanan, customer dan pembayaran. Tidak hanya itu, akan di integrasikan menggunakan Midtrans, yaitu penyedia layanan payment gateway, untuk sistem pembayaran otomatis. Implementasi sistem dibangun dalam bentuk aplikasi website dengan bantuan framework Laravel dan juga akan diintegrasikan dengan teknologi progressive web app yang mana dapat dibuka di berbagai perangkat. Pengujian dengan black-box testing dan pengujian usability untuk sistem. Dimana pada black-box testing semua kasus uji mendapatkan status valid. Lalu pengujian berikutnya yaitu usability dilakukan dengan menggunakan system usability scale dan mendapatkan rata-rata 69,5 dengan kategori acceptable. Pengujian menggunakan Compatibility, website dapat dijalankan di berbagai macam jenis browser. Dan pengujian menggunakaniChromeiDevTools untukikinerja serviceiworker di progressive web apps dijalankan di keadaan offline.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sukma, A., Tibyani, T., & Arwani, I. Pemanfaatan Teknologi Progressive Web Apps (PWA) dalam Pengembangan Sistem Penjualan Satelit berbasis Web (Studi Kasus : PT Pasifik Satelit Nusantara). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2098-2106, mar. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10985>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel