Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Website Learning Management System (LMS) dengan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Dojobox Bootcamp Academy)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Jonathan Frelispradana Musila Agi Putra Kharisma Fais Al Huda

Abstrak

Dojobox Bootcamp Academy merupakan salah satu pelatihan intensif untuk bidang kerja Software Quality Assurance (SQA) yang sudah berjalan satu angkatan. Dari kelas yang sudah berjalan, ditemukan beberapa masalah di antaranya adalah kesulitan penyesuaian waktu antara peserta dengan kelas, koneksi internet tidak stabil, dan kesulitan dalam menyesuaikan tempo pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses secara lebih fleksibel agar peserta dapat mengakses konten pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Hal ini sejalan dengan keinginan pemangku kepentingan untuk membuat learning management system (LMS) sebagai bahan untuk melakukan branding terhadap Dojobox Bootcamp Academy. Dalam penelitian ini, Goal-Directed Design digunakan sebagai pendekatan untuk menghubungkan antara kebutuhan, keinginan pengguna dan tujuan organisasi. Hasil akhir dari ini berupa interactive prototype dengan high-fidelity design. Rancangan tersebut dievaluasi dengan menggunakan pengujian kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kualitatif dilakukan dengan menggunakan user testing dan mendapatkan 30 umpan balik perbaikan interaksi dan antarmuka. Pengujian kualitatif dilakukan dengan menggunakan user experience questionnaire (UEQ) dan menghasilkan rata-rata, sebagai berikut: skala attractiveness dengan angka 1,32 (above average), skala perspicuity dengan angka 2,02 (excellent), skala efficiency dengan angka 1,86 (good), skala dependability dengan angka 1,52 (good), skala stimulation dengan angka 1,54 (good), dan skala novelty dengan angka 1,25 (good).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Musila, J., Kharisma, A., & Al Huda, F. Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Website Learning Management System (LMS) dengan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Dojobox Bootcamp Academy). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2107-2115, mar. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10986>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel