Perancangan User Experience Website Diskominfo Kab. Toraja Utara menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dengan Evaluasi User Experience Questionnaire (UEQ)

Perancangan User Experience Website Diskominfo Kab. Toraja Utara menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dengan Evaluasi User Experience Questionnaire (UEQ)

Penulis

  • Rezdy Juliani Rapa' Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Andi Reza perda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, website, hcd, ueq

Abstrak

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian atau biasa dikenal dengan Diskominfo adalah salah satu instansi pemerintah yang ada di Kab. Toraja Utara. Diskominfo Kab. Toraja Utara ini sendiri baru didirikan pada tahun 2017. Hingga saat ini Diskominfo Kab. Toraja Utara belum memiliki website resmi dan hal ini kurang memaksimalkan peran Diskominfo yang merupakan garda terdepan dalam bidang teknologi dan informasi serta sarana penyebaran informasi dalam Pemerintahan Daerah Kab. Toraja Utara tidak mempunyai website resmi. Penyebaran informasi harus dilakukan melalui website lain yaitu website pemerintah dan juga mencari informasi langsung dengan mendatangi Dinas terkait. Tujuan penelelitian ini adalah untuk merancang user experience website Diskominfo dengan menggunakan metode pendekatan Human Centered Design (HCD). Dalam merancang user experience ada 6 skala yang perlu diperhatikan yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty. Dari hasil evaluasi yang dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) didapatkan bahwa Untuk skala attractiveness memiliki kategori mean positif dengan nilai 1,589 dan nilai varian 1,10. Skala perspicuity memiliki kategori mean positif dengan nilai 1,581 dan nilai varian 1,14. Skala efficiency memiliki kategori mean positif dengan nilai 1,529 dan nilai varian 1,07. Skala dependability memiliki kategori mean positif dengan nilai 1,378 dengan nilai varian 0,86. Skala stimulation memiliki kategori mean positif dengan nilai 1,500 dan nilai varian 1,52. Skala novelty memiliki kategori nilai mean positif dengan nilai 0,930 dan nilai varian 1,79. Skala attractiveness, efficiency dan juga stimulation bernilai good sedangkan skala perspicuity, dependability dan novelty bernilai above average.

Unduhan

Diterbitkan

31 Mar 2022

Cara Mengutip

Rapa', R. J., Wijoyo, S. H., & perda, A. R. (2022). Perancangan User Experience Website Diskominfo Kab. Toraja Utara menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) dengan Evaluasi User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2169–2178. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11006

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...