Evaluasi Usability pada Aplikasi Mobile Pawoon Pos dengan Menggunakan Metode Usability Testing
Kata Kunci:
usability, usability testing, POS system, Pawoon POS, System usability scaleAbstrak
Pawoon POS Merupakan aplikasi kasir berbasis online yang dapat diakses menggunakan ponsel dan tablet, dimana kita dapat meggunakan POS System untuk pengelolaan transaksi pada bisnis dengan mudah. Berdasarkan data pada Google Playstore PAWOON POS mendapat rating 4.0 pada skala 5 (21/01/2021) dan mendapatkan ulasan kurang lebih oleh 1696 penggunanya. Aplikasi tersebut dirasa oleh beberapa penggunanya masih memiliki permasalahan pada bagian usability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menghitung aspek usability yang ada pada aplikasi dan mengidentifikasi permasalahan usability apa saja yang ditemui responden, setelah mengetahui permasalahan apa saja yang ditemui kemudian permasalahan tersebut dijadikan sebagai acuan pada perbaikan rancangan antarmuka. Kesimpulan dan hasil yang didapat dari evaluasi usability pada aplikasi PAWOON POS berdasarkan hasil dari evaluasi awal sampai dengan evaluasi akhir adalah, matrik learnability untuk kategori pengguna lama mengalami penurunan, dari 1,33 menjadi 1,18. Peningkatan terjadi pada kriteria efficiency pada evaluasi lanjut semua kategori mengalami peningkatan menjadi 100%. Terdapat juga sedikit peningkatan dari nilai memorability dimana jumlah rata-rata klik yang tadinya sebesar 57 klik untuk responden kategori pengguna lama menjadi 58,6 pada evaluasi lanjut. Untuk kriteria errors pada pengujian lanjut presentase error yang dilakukan oleh semua kategori pengguna menurun menjadi 0 %. Kriteria yang terakhir yang mengalami peningkatan adalah satisfaction dimana skor yang didapat adalah 72,9.