Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dalam Membantu UMKM dalam Memasarkan Produk
Abstrak
UMKM menjadi salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia. UMKM adalah unit terbesar usaha di Indonesia dengan jumlah mencapai 99,9% dari keseluruhan dari bidang usaha (Santia, 2020). Perkembangan UMKM harus mencakup pemingkatan dalam segala aspek terlebih lagi dari segi penjualan. Peningkatan tersebut dapat dicapai dengan cara melakukan digitalisasi UMKM. Melalui proses digitalisasi tersebut, UMKM dapat mengoptimalkan kesempatan serta peluang yang ada karena target pasar yang dapat dijangkau semakin luas. Penelitian ini merupakan penilitian yang berkaitan dengan proses optimalisasi UMKM secara digital. Digitalisasi UMKM dalam penelitian ini dilakukan dengan cara merancang sistem e-UMKM. E-UMKM merupakan rancangan sistem yang dapat membantu UMKM dalam memasarkan produk. Pemasaran ini dilakukan dengan cara menyediakan marketplace untuk UMKM dan konsumen. Sehingga, konsumen dapat mencari produk yang mereka cari sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini menggunakan metode prototype model yang dimana dalam proses perancangannya, digunakan pemodelan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Pengumpulan data dalam proses penelitian ini adalah menggunakan pengumpulan data dari tiga orang narasumber yang bergerak di UMKM. Proses selanjutnya yang dilakukan setelah pemodelan UML adalah perancangan prototype menggunakan platform Figma. Prototype yang telah jadi kemudian dievaluasi kembali sehingga dapat dilakukan proses perbaikan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem sudah memperoleh hasil “good†dan “acceptableâ€..