Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pendakian Semeru menggunakan Metode Human-Centered Design

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rizqi Ahmad Abdillah Satrio Hadi Wijoyo Intan Sartika Eris Maghfiroh

Abstrak

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang terkenal di kalangan pendaki. Pada tahun 2017, pengelola pusat memberikan kebijakan baru kepada calon pendaki untuk melakukan reservasi pendakian melalui situs resmi yang telah disediakan. Namun prosedur reservasi pendakian pada situs resmi ini dirasa masih menyulitkan dan terlalu panjang. Perancangan user experience aplikasi reservasi pendakian Semeru dilakukan menggunakan metode Human Centered-Design (HCD). Pada tahap awal, analisis kebutuhan dilakukan untuk menemukan permasalahan serta perbaikan. Pada tahap selanjutnya dilakukan perancangan desain solusi berdasarkan kebutuhan pengguna. Hasil akhir tahapan ini antara lain: arsitektur informasi sebagai panduan pengembangan, wireframe sebagai gambaran sederhana rancangan, dan high-fidelity prototype sebagai sistem interaktif yang menyerupai aplikasi jadi. Tahap terakhir yaitu mengevaluasi prototype reservasi pendakian Semeru menggunakan metode User Experience Questionnaire versi pendek (UEQ-S). Berdasarkan hasil analisis menggunakan UEQ-S, didapatkan rata-rata nilai 2,3 pada kualitas pragmatis, 2,0 pada kualitas hedonis, serta 2,2 secara keseluruhan. Nilai-nilai tersebut memenuhi nilai minimal lebih dari 0,8, sehingga penilaian tersebut dikategorikan pada kategori sangat baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Abdillah, R., Wijoyo, S., & Maghfiroh, I. Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pendakian Semeru menggunakan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2236-2245, apr. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11029>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel