Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pendakian Semeru menggunakan Metode Human-Centered Design
Kata Kunci:
aplikasi pemesanan tiket, User Experience, Human-Centered Design, wireframe, high-fidelity prototype, User Experience QuestionnaireAbstrak
Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang terkenal di kalangan pendaki. Pada tahun 2017, pengelola pusat memberikan kebijakan baru kepada calon pendaki untuk melakukan reservasi pendakian melalui situs resmi yang telah disediakan. Namun prosedur reservasi pendakian pada situs resmi ini dirasa masih menyulitkan dan terlalu panjang. Perancangan user experience aplikasi reservasi pendakian Semeru dilakukan menggunakan metode Human Centered-Design (HCD). Pada tahap awal, analisis kebutuhan dilakukan untuk menemukan permasalahan serta perbaikan. Pada tahap selanjutnya dilakukan perancangan desain solusi berdasarkan kebutuhan pengguna. Hasil akhir tahapan ini antara lain: arsitektur informasi sebagai panduan pengembangan, wireframe sebagai gambaran sederhana rancangan, dan high-fidelity prototype sebagai sistem interaktif yang menyerupai aplikasi jadi. Tahap terakhir yaitu mengevaluasi prototype reservasi pendakian Semeru menggunakan metode User Experience Questionnaire versi pendek (UEQ-S). Berdasarkan hasil analisis menggunakan UEQ-S, didapatkan rata-rata nilai 2,3 pada kualitas pragmatis, 2,0 pada kualitas hedonis, serta 2,2 secara keseluruhan. Nilai-nilai tersebut memenuhi nilai minimal lebih dari 0,8, sehingga penilaian tersebut dikategorikan pada kategori sangat baik.