Evaluasi Pengalaman Ulangan Harian menggunakan Quizizz dengan Model CIPP (Studi Kasus: SDN Madiopuro Jombang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Novia Tri Rahmawati Intan Sartika Eris Maghfiroh Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Sekolah Dasar termasuk kategori pendidikan yang harus diperhatikan kualitasnya, karena pembelajaran pada tingkat dasar merupakan pondasi awal sebelum siswa beralih ke jenjang selanjutnya. Namun akibat adanya pandemi COVID-19 membuat proses pembelajaran tidak maksimal. Proses pembelajaran sebelum pandemi dilaksanakan secara tatap muka, akan tetapi pembelajaran saat ini terpaksa harus beralih secara daring (dalam jaringan). Dampak dari penerapan pembelajaran online membuat siswa merasa bosan, semangat belajar menurun, bahkan nilai siswa juga semakin menurun. Menanggapi hal tersebut kepala sekolah SDN Madiopuro menerapkan penggunaan Quizizz yang diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Sejauh ini penerapan tersebut hanya dilakukan pada satu kelas, karena diperlukan data valid terkait informasi penerapan Quizizz yang telah dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengalaman siswa dan guru dalam menggunakan Quizizz. Selain itu penelitian ini akan menganalisis nilai sebelum dan setelah menggunakan Quizizz. Untuk mengetahui perbandingan data diperlukan data pada kelas yang tidak menggunakan Quizizz. Oleh karena itu penelitian ini bersifat komparatif yang membandingkan antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan Quizizz. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan Quizizz mendapatkan rata-rata nilai lebih baik, dan semua siswa pada kelas tersebut setuju jika Quizizz mudah digunakan dan menyenangkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahmawati, N., Maghfiroh, I., & Herlambang, A. Evaluasi Pengalaman Ulangan Harian menggunakan Quizizz dengan Model CIPP (Studi Kasus: SDN Madiopuro Jombang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2264-2269, apr. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11035>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel