Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Moh. Firnas Amrozi Retno Indah Rokhmawati Aditya Rachmadi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kondisi objek penelitian yang tidak memiliki sistem untuk melakukan peminjaman dan pengembalian barang, penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Singosari. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti membuat perancangan antarmuka sistem informasi manajemen sarana serta prasarana. untuk mengelolah peminjaman dan pengembalian barang. Perancangan antarmuka sistem informasi manajemen sarana serta prasarana menggunakan metode HCD (Human Centered Design) yang berguna agar dapat merancang desain antarmuka penggunanya. yang berfokus pada keperluan pengguna. Penelitian ini menghasilkan prototipe yang digunakan untuk 2 pengguna yaitu tim sarana dan prasarana serta guru, terdapat fitur utama pada sistem informasi ini yaitu peminjaman dan pengembalian barang. Kajian ini memakai pengujian Usability Testing dengan penilaian System Usability Scale (SUS) yang berfokus untuk mengihitung tingkat Usability System. Hasil akhir SUS memiliki nilai total 77 dari seluruh pengguna sehingga bisa dikategorikan desain sistem ini bisa diterima oleh pengguna (acceptable).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Amrozi, M., Rokhmawati, R., & Rachmadi, A. Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 2 Singosari menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2277-2285, apr. 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11039>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel