Perancangan User Experience Prototype Aplikasi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Didepan Umum

Perancangan User Experience Prototype Aplikasi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Didepan Umum

Penulis

  • Fasya Yahya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ratih Kartika Dewi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

kecemasan berbicara didepan umum, relaksasi pernafasan, relaksasi progresif, user experience, human centered design, usability testing, user experience questionnaire

Abstrak

Mahasiswa pada perannya seringkali diharuskan untuk dapat berbicara didepan umum, seperti melakukan presentasi didepan kelas atau juga mendapatkan kesempatan untuk dapat menjadi pembawa suatu acara yang dihadiri oleh banyak orang. Tidak sedikit mahasiswa yang timbul gejala cemas saat akan berbicara didepan umum karena mereka takut ditertawakan orang lain, takut merubah pemikiran orang lain terhadap dirinya atau juga karena memiliki pengalaman yang memalukan saat akan berbicara didepan umum. Oleh sebab itu, peneliti merancang sebuah aplikasi yang bertujuan agar dapat membantu para pemilik kecemasan berbicara didepan umum agar dapat mengurangi gejala rasa cemas yang dialami dengan memberikan rekomendasi terapi pernafasan dan progresif yang dapat dilakukan dimana saja. Pada perancangan ini menggunakan metode pendekatan Human-Centered Design agar dapat menciptakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada tahapan pengujian, dilakukan pengujian usability kepada 5 partisipan dengan hasil aspek efektivitas sebesar 88,50%, aspek efisiensi dengan menggunakan perhitungan Time-Based Efficiency sebesar 0,061 goals/detik, dan kepuasan pengguna dengan kuesioner SUS sebesar 81,80 dengan grade A kategori excellent dan acceptable. Selain itu, dilakukan pengujian user experience menggunakan UEQ dengan hasil aspek aspek attractiveness sebesar 2.16, aspek perspicuity sebesar 2.10, aspek efficiency sebesar 2.28, aspek dependability sebesar 2.15, aspek stimulation sebesar 2.39, dan aspek novelty sebesar 2.10.

Unduhan

Diterbitkan

13 May 2022

Cara Mengutip

Yahya, F., Dewi, R. K., & Fanani, L. (2022). Perancangan User Experience Prototype Aplikasi untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Didepan Umum. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2318–2327. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11044

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...