Pengembangan Sistem Manajemen Toko Penjualan dan Servis Handphone berbasis Desktop (Studi Kasus: Toko FQ CELL Kota Batu)
Kata Kunci:
sistem manajemen toko, model waterfall, pendekatan berorientasi objekAbstrak
FQ Cell merupakan toko jual beli dan perbaikan ponsel di Kota Batu yang telah berdiri sejak tahun 2003. Aktivitas bisnis pada FQ Cell secara umum terdiri dari pengadaan barang, penjualan dan pelaporan keuangan. Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, toko FQ Cell masih mengalami beberapa permasalahan, yaitu tidak adanya pencatatan pada proses pengadaan barang, pencatatan stok barang dan pelaporan keuangan. Masalah pencatatan stok barang menyebabkan proses pencarian barang memakan waktu. Masalah berikutnya adalah tidak adanya laporan keuangan. Hal tersebut menyebabkan tidak diketahuinya data terkait aliran uang dan laba rugi usaha. Sistem manajemen toko berbasis desktop dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan yang telah disebutkan. Sistem tersebut dikembangkan menggunakan model waterfall dengan pendekatan berorientasi objek. Teknologi yang digunakan dalam pengembangan sistem terdiri dari C# sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai manajemen basis data. Pengujian unit, integrasi dan validasi telah dilakukan terhadap sistem yang dikembangkan dan menghasilkan nilai valid. Sistem ini diharapkan dapat membantu pemilik toko dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.