Evaluasi dan Perancangan Ulang User Interface menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD) pada E-Learning SMKN 1 Sambeng Lamongan
Kata Kunci:
Antarmuka, E-learning, SMKN 1 Sambeng, Goal Directed Design, Usability Testing.Abstrak
SMKN 1 Sambeng merupakan sekolahan SMK Negeri yang berada di Kabupaten Lamongan dengan memiliki 8 jurusan. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 5 siswa untuk uji coba task skenario dan wawancara serta 20 siswa untuk mengisi kuesioner. Pada pengambilan data awal disimpulkan saat responden mengakses e-learning masih mengalami beberapa kesulitan dari segi bahasa maupun tampilan e-learning yang kurang menarik dan informatif. Permasalahan tersebut membuat peneliti bertujuan untuk melakukan perbaikan perancangan ulang pada user interface e-learning SMKN 1 Sambeng. Metode yang digunakan saat perancangan adalah Goal Directed Design (GDD) yang berfokus pada tujuan pengguna. Terdapat 6 tahapan pada metode GDD yakni research, modelling, requirement, framework, refinement dan support. Akan tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap refinement, sebab hasil akhir dari penelitian ini nanti berupa perancangan ulang user interface. Dari hasil wawancara menunjukan respon positif dari hasil perancangan ulang sistem e-learning, uji task skenario menghasilkan waktu tempuh yang efektif ketika responden mengerjakan task yang diberikan, serta dari penyebaran kuisioner PMLQ mengalami peningkatan dari hasil rata-rata 6,89 dan standar deviasi 0,91 dibandingkan pengambilan data awal. Dari hasil tersebut dapat diinterpretasikan bahwa perancangan ulang pada e-learning SMKN 1 Sambeng Lamongan memenuhi kebutuhan responden dan dinilai baik oleh responden yang mewakili pengguna dari sistem e-learning.