Pengembangan Sistem untuk Memonitoring Kondisi Fisiologi melalui Biometric (Suhu, Detak Jantung dan Kelembaban) Pengguna E-Learning berbasis Internet of Things (IoT) (Studi Kasus Coma)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yudi Muliawan Fajar Pradana Fitra Abdurrachman Bachtiar

Abstrak

E-learning menjadi alternatif bagi dunia pendidikan dimana untuk meningkatkan kemudahan dalam proses belajar mengajar, tujuannya untuk mengetahui tingkat kemandirian peserta didik, keberhasilan dalam memahami materi dan kemampuan teknik komunikasi peserta didik. Lemahnya memantau kondisi mahasiswa dan faktor psikologis menjadi keterbatasan dalam pembelajaran e-learning. Sisi psikologis tersebut antara lain motivasi, disiplin diri dan emosi oleh karena itu dibutuhkan pengembangan sistem untuk membantu memonitor kondisi mahasiswa dalam menggunakan e-learning. Penggalian data untuk melihat kondisi fisiologi mahasiswa pada penggunaan e-learning bertujuan untuk mengetahui School stress (sumber stres dari lingkungan pendidikan) pada seorang mahasiswa.Pengembangan model yang digunakan adalah waterfall dan juga pendekatan object oriented (OO). Sistem yg dirancang mampu menampilkan kondisi fisiologis dengan parameter suhu tubuh, detak jantung dan juga kelembaban kulit. Sistem diimplementasikan menggunakan konsep model view controller (MVC) dengan bantuan framework laravel dan bahasa pemrograman HTML, PHP dan Javascript. Perangkat Internet Of Things (IoT) yang digunakan berupa ESP32, sensor suhu LM35, pulse sensor, galvanic skin respone (GSR) dan menggunakan algoritma logika fuzzy sukamoto.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Muliawan, Y., Pradana, F., & Bachtiar, F. Pengembangan Sistem untuk Memonitoring Kondisi Fisiologi melalui Biometric (Suhu, Detak Jantung dan Kelembaban) Pengguna E-Learning berbasis Internet of Things (IoT) (Studi Kasus Coma). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2346-2352, mei 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11055>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel