Perancangan User Experience Aplikasi Jasa Jahit “Tailorku” untuk Membantu Masyarakat di Masa Pandemi

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Devita Natalia Krisdayanti Ratih Kartika Dewi Diah Priharsari

Abstrak

Menjahit adalah pekerjaan menghubungkan kain, bulu, kulit binatang, dan berbagai zat yang dapat dilewati oleh jarum dan benang jahit. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan, jarum tangan, dan mesin jahit. (Toni, 2015). Masyarakat merasakan dampak akibat pemberlakuan serta pembatasan yang dilakukan pemerintah, yaitu kesulitan memenuhi kebutuhan yang harus dilakukan secara langsung sehingga harus berpindah menjadi online. Namun juga banyak hal yang menjadikan jasa menjahit kurang diminati masyarakat sebelum pandemi yaitu oleh berbagai hal yaitu lokasi yang tidak diketahui atau jauh, pesanan kurang luas yang hanya terdiri dari orang sekitar, jahitan tidak sesuai keinginan konsumen dan waktu jahit yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan aplikasi mobile membantu masyarakat di masa pandemi sehingga diperlukan solusi untuk membantu menghubungkan antara penjahit dan masyarakat secara luas sebagai calon pelanggan. Untuk mewujudkan solusi tersebut peneliti mengusulkan desain solusi aplikasi jahit untuk membantu masyarakat menemukan penjahit sesuai keinginan dan kebutuhan. Perancangan user experience ini nantinya akan dilakukan merancang desain solusi berupa user experience yang dirancang berdasarkan hasil wawancara dengan calon pengguna dengan menggunakan metode Human-Centered Design. Pengujian menggunakan Usability testing yaitu System Usability Scale(SUS) dan User experience questionnaire (UEQ). Dari hasil menggunakan Usability testing pada desain solusi aplikasi tailorku didapatkan hasil sebagai berikut nilai efektivitas 100%, efisiensi 0,145 goals/s serta hasil kepuasan pengguna mendapatkan 82,5 dengan kategori A yang artinya adjective rating Excellent. Pengujian user experience selanjutnya menggunakan UEQ dengan hasil sebagai berikut aspek attractiveness mendapatkan 2.28, aspek perspicuity mendapatkan 2.09, aspek efficiency mendapatkan 2.15, aspek dependability mendapatkan 2.09, aspek stimulation mendapatkan 2.09, dan aspek novelty mendapatkan 2.14.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Krisdayanti, D., Dewi, R., & Priharsari, D. Perancangan User Experience Aplikasi Jasa Jahit “Tailorku” untuk Membantu Masyarakat di Masa Pandemi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2362-2371, mei 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11057>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel