Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking

Penulis

  • Tifanny Rizka Faressi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ratih Kartika Dewi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Riswan Septriayadi Sianturi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

online shop, manajemen media sosial, pengalaman pengguna, design thinking, usability testing

Abstrak

Banyak orang memulai bisnis online shop untuk mengisi waktu luang di masa pandemi Covid-19. Sebagian besar online shop menggunakan media sosial sebagai media pemasarannya. Bisnis online shop yang masih merintis mengalami beberapa kendala dalam hal manajemen media sosial. Media sosial yang tidak dikelola dapat mengurangi jumlah pengikut dan berdampak pada penjualan. Manajemen media sosial dapat membawa dampak positif bagi penjualan toko online. Kegiatan manajemen media sosial termasuk membuat konten, menjadwalkan konten, dan menganalisis posting-an. Penelitian ini mengusulkan desain solusi untuk memecahkan masalah yang ada dengan merancang pengalaman pengguna untuk aplikasi manajemen media sosial yang bernama Socime. Proses desain dilakukan melalui lima tahap metode design thinking, dari berempati terhadap pengguna hingga pengujian desain solusi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode usability testing, dengan fokus pada tiga aspek: efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Desain solusi yang dihasilkan dari penelitian ini mendapatkan nilai 100% untuk efektivitas, 0,059 gol/detik untuk efisiensi, dan mendapatkan skor SUS 90 dari 100 untuk kepuasan. Solusi desain Socime menerima grade A, Best Imaginable dalam kategori adjective rating, dan Acceptable dalam kategori acceptability range berdasarkan skor SUS.

Unduhan

Diterbitkan

06 Jun 2022

Cara Mengutip

Faressi, T. R., Dewi, R. K., & Sianturi, R. S. (2022). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2372–2381. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11064

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...