Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tifanny Rizka Faressi Ratih Kartika Dewi Riswan Septriayadi Sianturi

Abstrak

Banyak orang memulai bisnis online shop untuk mengisi waktu luang di masa pandemi Covid-19. Sebagian besar online shop menggunakan media sosial sebagai media pemasarannya. Bisnis online shop yang masih merintis mengalami beberapa kendala dalam hal manajemen media sosial. Media sosial yang tidak dikelola dapat mengurangi jumlah pengikut dan berdampak pada penjualan. Manajemen media sosial dapat membawa dampak positif bagi penjualan toko online. Kegiatan manajemen media sosial termasuk membuat konten, menjadwalkan konten, dan menganalisis posting-an. Penelitian ini mengusulkan desain solusi untuk memecahkan masalah yang ada dengan merancang pengalaman pengguna untuk aplikasi manajemen media sosial yang bernama Socime. Proses desain dilakukan melalui lima tahap metode design thinking, dari berempati terhadap pengguna hingga pengujian desain solusi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode usability testing, dengan fokus pada tiga aspek: efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Desain solusi yang dihasilkan dari penelitian ini mendapatkan nilai 100% untuk efektivitas, 0,059 gol/detik untuk efisiensi, dan mendapatkan skor SUS 90 dari 100 untuk kepuasan. Solusi desain Socime menerima grade A, Best Imaginable dalam kategori adjective rating, dan Acceptable dalam kategori acceptability range berdasarkan skor SUS.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Faressi, T., Dewi, R., & Sianturi, R. Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Manajemen Media Sosial untuk Online Shop berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, p. 2372-2381, juni 2022. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11064>. Tanggal Akses: 29 juni 2022
Bagian
Artikel